Program Tahunan dan Program Semester



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
DAN PROGRAM SEMESTER (PROSEM)


 









Disusun oleh
Kelompok II


1.      Fenti Dwi Tesa Januaria         (1532210119)
2.      Nurul Istiqomarie                   (1532210126)
3.      Saefudin                                 (1532210103)
4.      Shella Mars Putri                    (1532210105)
5.      Wenci Lestarina                     (1532210109)
6.      Yustika Destriyenti                (1532210114)


Dosen pengampu mata kuliah
Liana Septy, M.Pd





Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
2017

KATA PENGANTAR


Bismillahirrohmanirrohim. Puji dan syukur penulis panjatkan pada Allah Swt. karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya dalam penyelesaian makalah ini. Shalawat teriring salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad saw yang telah membawa rahmat untuk umatnya dan semesta alam.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada ibu Liana Septy, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika karena telah memberikan kami kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang program tahunan (PROTA) dan program semester (PROSEM), karena hakikatnya kami akan menjadi seorang pendidik. Dan tak lupa juga untuk semua pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sebagai bahan tambahan belajar tentang program tahunan dan program semester. Penulis sadar bahwa penulisan makalah ini belum sempurna dengan sifat ilmu yang selalu berkembang. Kritik dan saran yang selalu pemakalah terima dengan tangan terbuka.








Palembang, 3 Mei 2017


    Pemakalah


DAFTAR ISI



BAB I
PENDAHULUAN


A.           Latar Belakang

Pembelajaran adalah perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Pembelajaran sebagai suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar (S.Nasution, (1994: 25). Kegiatan pengajaran merupakan suatu kegiatan yang disadari dan direncanakan. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Pembelajaran yang baik akan tercapai apabila disertai dengan perencanaan pengajaran sebagai acuan dalam mengajar. Perencanaan Pembelajaran mempunyai peranan penting dalam memandu guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki rencana pembelajaran karena perencanaan tersebut adalah fungsi pedagogi yang penting untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran dan mungkin sekali untuk memotivasi guru (Wawan S. Suherman, 2001:113). Perencanaan pembelajaran dibuat dengan mengacu pada kurikulum.
Dalam konteks pembelajaran, perencanaan dapat diartikan sebagai proses penyusunan materi pelajaran, penggunaaan media pengajaran, penggunakaan pendekatan dan metode pengajaran dan penilaian dalam suatu lokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Abdul Majid, 2005: 17).
Perencanaan pembelajaran dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran diantaranya kompetensi dasar, materi standar, indikator sekaligus metode yang digunakan dalam proses mengajar. Perencanaan pengajaran digunakan oleh guru sebagai petunjuk dan arah kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan pengajaran mempunyai manfaat baik bagi guru maupun murid. Bagi guru perencanaan pengajaran merupakan suatu pedoman kerja untuk melaksanakan tugasnya sebagi pendidik dan untuk murid perencanaan pengajaran merupakan pedoman belajar yang bisa digunakan sebagai pemandu siswa dalam belajar (E. Mulyasa, 2006: 213).
Membuat perencanaan pembelajaran mensyaratkan seorang guru harus mempelajari kurikulum sekolah dan memahami semua program pendidikan yang sedang dilaksanakan. Selanjutnya dituangkan dalam program tahunan dan program semester dan silabus, untuk dapat dilaksanakan dalam PBM, maka dibuat dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Persiapan tersebut berisi tujuan mengajar, pokok yang diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga, dan teknik observasi yang akan digunakan. Kekuatan dan kelemahan dari program pengajaran yang telah disusun guru akan terlihat jelas setelah program tersebut dilaksanakan. Langkah selanjutnya adalah guru harus mampu mengembangkan kekuatan program mengajar dan mengevaluasi kelemahan kemudian mencari jalan keluarnya (Abdul Majid, 2005: 98).

B.       Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian, tujuan, sumber-sumber, langkah-langkah, contoh format program tahunan?
2.      Apa pengertian, fungsi, sumber, unsur-unsur, langkah-langkah, dan contoh format program semester?
3.      Apa contoh program tahunan dan program semester di SMP?

C.       Tujuan Makalah

1.      Memahami pengertian, tujuan, sumber-sumber, langkah-langkah, contoh format program tahunan;
2.      Memahami pengertian, fungsi, sumber, unsur-unsur, langkah-langkah, dan contoh format program semester;
3.      Memahami contoh program tahunan dan program semester di SMP.

D.    Manfaat Makalah

1)        Manfaat Teoretis
     Secara teoretis, makalah ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai wawasan dan pengetahuan yang baru bagi pembaca. Dengan demikian, pembaca mengetahui program tahunan (prota) dan program semester (prosem).

2)      Manfaat Praktis
1)            Penulis
         Penulisan makalah ini memberikan manfaat bagi penulis karena tidak hanya informasi pembelajaran wawasan baru yang didapatkan, tetapi juga penulis belajar untuk memperdalam pengetahuan tentang program tahunan (prota) dan program semester (prosem).
2)            Lembaga Pendidikan
Dengan adanya makalah ini, diharapkan lembaga pendidikan terkhusus perguruan tinggi agar dapat mengoptimalkan pembelajaran yang berkaitan dengan program tahunan (prota) dan program semester (prosem). Mengingat bahwa kami merupakan calon guru yang juga harus memahami tentang program tahunan (prota) dan program semester (prosem).





 

BAB II
PEMBAHASAN


A.    Program Tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran

1.         Pengertian Program Tahunan

Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama.Biasanya suatu program mencakup seluruh kegiatan yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.[1]
       Program sering dikaitkan dengan perencanaan, persiapan, dan desain atau rancanagan.Desain berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata decine. Jadi desain dalam perspektif pembelajaran adalah rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran disebut juga dengan program pembelajaran. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran yang dibuat setiap awal tahun ajaran. Program tahunan merupakan pedoman untuk mengembangkan program semester, mingguan dan program harian.
Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan, yang dalam KBK dikenal modul.[2]
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang..telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.[3]Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.[4]

2.         Tujuan Pembuatan Program tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran

Tujuan penyusunan program tahunan adalah untuk menata materi secara logis, sistematis dan hierarkis; mendistribusikan alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan; mendorong proses pembelajaran menjadi efektif dan efesien berdasarkan tik yang telah ditetapkan; memudahkan guru untuk mengetahui target kurikulum per pokok bahasan atau per bulan[5].

3.         Sumber-Sumber yang Digunakan sebagai Pengembangan Program Tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran

Sumber-sumber yang digunakan sebagai pengembangan program tahunan:[6]
a.       Daftar kompetensi standar sebagai consensus nasional, yang dikembangkan dalam SKKD setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan.
b.      Skope dan sekuensi setiap kompetensi. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan materi pembelajaran yang kemudian disusun dalam pokok-pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang mengandung ide-ide pokok sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
c.       Kalender pendidikan. Penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.

4.         Langkah-Langkah Pengembangan Program Tahunan (PROTA) dalam Pembelajaran

Dalam mengembangkan program tahunan, ada beberapa langkah yang harus diingat:[7]
a.       Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b.      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi jeda tengah semester, Jeda antar semester, Libur akhir tahun pelajaran, Hari libur keagaman, Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, Hari libur khusus.
c.       Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
d.      Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.

5.         Contoh Format Program Tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran

Contoh format program tahunan dalam perangkat pembelajaran


 


































(Dikutip dari, Wawan S. Suherman: 2001)




6.         Contoh Program Tahunan SMP Sederajat Kelas VII Kurikulum 2006 (KTSP)


PROGRAM TAHUNAN
Sekolah                        :  MTs. ........................
Mata Pelajaran             :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  VII  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           :  2008 / 2009
Target Nilai Portah      :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
BILANGAN
1.     Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Ø  Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah



1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.

Ø  Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah



ALJABAR                              2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

Ø  Bentuk aljabar



2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Ø  Bentuk aljabar


2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.

Ø  Persamaan linear satu variabel


2.4. Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

Ø  Pertidaksama an linear satu variabel


ALJABAR                                  3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel,
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

Ø  Perbandingan dan aritmetika sosial


3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah
Ø  Perbandingan


Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1


2
ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Ø  Himpunan



4.2 Memahami konsep himpun an bagian

Ø  Himpunan


4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan


Ø  Himpunan


4.4  Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn


Ø  Himpunan


4.5  Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

Ø  Himpunan


GEOMETRI
5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

Ø  Garis dan Sudut



5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

Ø  Garis dan sudut


5.3 Melukis sudut



Ø  Garis dan sudut


5.4 Membagi sudut



Ø  Garis dan sudut


GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya

Ø  Segiempat dan segitiga



6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

Ø  Segiempat dan segitiga



6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

Ø  Segiempat dan segitiga



6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Ø  Segitiga


Ulangan Harian



Ulangan Mid Semester



Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2



Mengetahui                                                    .....................................
            Kepala MTs. ......................                           Guru Mata Pelajaran
            ..............................................                          .....................................


B.     Program Semester (Prosem) dalam Perangkat Pembelajaran

1.         Pengertian Program Semester

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Sedangkan program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.[8]
Adapun pendapat lain tentang pengertian program semester bahwa program semester adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk satu semester yang kegiatannya didasarkan pada materi yang tertuang dalam SKKD.[9]
Selanjutnya, program semester merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum tersusun program tahunan.[10]
Dengan demikian, program semester adalah program kegiatan belajar yang direncanakan untuk dilaksanakan guna mencapai tujuan yang diharapkan dalam semester tersebut.

2.         Fungsi Program Semester

Menurut Usman (200: 54) penyusunan program semester berfungsi sebagai:
a)        Acuan menyusun satuan pelajaran;
b)        Acuan kalender kegiatan belajar mengajar;
c)        Mencapai efisiensi dan efektivitas penggunaan waktu belajar yang tersedia.

3.         Sumber yang digunakan dalam penyusunan Program Semester

Menurut Suherman (2001:120) menyatakan bahwa referensi yang digunakan dalam penyusunan program semester ialah:
a)        Kalender pendidikan;
b)        GPP mata pelajaran;
c)        Hasil analisi mata pelajaran;
d)       Format program semester.

4.         Unsur-Unsur dalam Program Semester

Unsur-unsur yang biasanya terkandung di dalam program semester meliputi (SyaifulSagala, 2003: 165):
a)        Tujuan. Tujuan yang dicantumkan dalam program semester adalah tujuan-tujuan yang masih bersifat umum yang diambil dari SKKD yaitu tujuan kurikuler dan tujuan instruksional.
b)        Pokok bahasan. Pokok bahasan merupakan judul materi yang akan dipelajari atau diajarkan dalam satu catur wulan yang bersangkutan. Perencanaan pembelajaran menyusun pokok bahasan dan sub pokok bahasan dalam satu semester, dengan memperhitungkan bahwa pokok bahasan tersebut dapat diselesaikan dalam satu semester dengan pemenuhan kualitas yang disyaratkan.
c)        Metode mengajar. Metode mengajar adalah cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Dalam program semester hendaknya dicantumkan metode-metode mengajar yang direncanakan akan digunakan dalam mengajarkan setiap pokok bahasan yang bersangkutan. Penentuan metode mengajar ditentukan juga oleh tujuan yang dirumuskan oleh guru.
d)       Media sumber. Setiap pokok bahasan dicantumkan pula media dan buku sumber yang digunakan. Pencantuman buku sumber meliputi nama penulis, namabuku, tahun dan penerbit serta bagian atau bab yang diacu dalam pengajaran pokok bahasan yang bersangkutan. Media akan mempermudah siswa dalam memahami, mengalami dan mengerti pelajaran yang disampaikan oleh guru.
e)        Evaluasi pengajaran. Dalam program semester hendaknya dicantumkan kegiatan-kegiatan evaluasi yang dilaksanakan di luar masing-masing pokok bahasan, seperti evaluasi/ tessumatif. Evaluasi digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Evaluasi digunakan juga untuk memperbaiki bahan ataupun juga metode pengajaran.
f)         Waktu. Untuk setiap pokok bahasan dan kegiatan evaluasi dalam semester yang bersangkutan, perlu dicantumkan jumlah waktu yang dialokasikan, sehingga dapat diketahui sejak awal apakah program semester yang dibuat tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

5.         Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester

Menurut Suherman (2011:122) langkah-langkah dalam penyusunan program semester adalah sebagai berikut :
a)        Menghitung jumlah minggu atau hari efektif dalam satu semester yang ada dalam kalender pendidikan.
b)        Menghitung jumlah jam pelajaran efektif untuk tatap muka dan non tatap muka. Dihitung dengan jumlah minggu efektif dikalikan dengan jam pertemuan.
c)        Mendistribusikan alokasi waktu berdasarkan pokok bahasan dalam GBPP, jumlah jam efektif tatap muka dan kegiatan pada jam efektif non tatap muka.
d)       Merumuskan program alokasi waktu per semester.




6.         Contoh Format Program Semester

prosem.PNGMenurut Mulyasa (2006) dibawah ini terdapat contoh format dari promes:[11]









 

 

 



(Dikutip dari, E. Mulyasa: 2006)






7.         Contoh Program Semester kelas VIII SMP Pelajaran Matematika

ddcc.PNGBerikut contoh program semester kelas VIII SMP:[12]














cdcccc.PNG

 

 

 

 

 

 


Mengetahui                                                      ........................, 20.....                  
Kepala Sekolah SMP/MTs                             Guru Kelas/Guru MP

............................................                               .....................................
NIP.                                                                   NIP.

 




 


BAB III
PENUTUP

A.         Kesimpulan

     Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang..telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
Program semester adalah perencanaan untuk kurun waktu satu semester yang berisi SK/KD dan alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran pada setiap minggunya. Program semester adalah program kegiatan belajar yang direncanakan untuk dilaksanakan guna mencapai tujuan yang diharapkan dalam semester tersebut.
Menjadi guru yang mampu berperan sebagai produsen bukan merupakan hal yang mudah. Tugas-tugas merencanakan administrasi pembelajaran, di antaranya menyusun program tahunan dan program semester perlu dilakukan dalam rangka mendesain bingkai pembelajaran efektif.

B.            Saran

Dalam pembuatan atau penyusunan prota dan prosem, seorang guru harus lebih teliti karena dari salah satu penyusunan prota yang dimana merupakan pedoman yang dapa dijadikan sebagai penjabaran semester dan dari prosem juga nantinya seorang guru dapat menyusun silabus dan RPP untuk memperlancar kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kepada peserta didiknya agar sesuai dengan apa yang ingin dicapai.


DAFTAR PUSTAKA


Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2009.  Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Ahmad sodiqiy dan Djunaidatul Munawwarah. 2011.  Modul Pengembangan
Perangkat Pembelajaran PAI, Samarinda:T.tp.

file:///D:/BAB%202%20-%2008601244236.pdf
https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.uny.ac.id/7738/3/BAB


[1] Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, 2009, Manajemen Pendidikan, Jakarta:
...Kencana, h. 349
[2] Mulyasa, Op.Cit., h. 95
[3] Wina Sanjaya,Loc.Cit.,
[4] Ibid.,                                                                                                                       
[5] Wawan S. Suherman, 2001, Hlm.120
[6] E. Mulyasa, 2006, Hlm.95
[7] Ahmad sodiqiy dan Djunaidatul Munawwarah, 2011, Modul Pengembangan
Perangkat Pembelajaran PAI, Samarinda:T.tp, h.. 22
[9]file:///D:/BAB%202%20-%2008601244236.pdf
[11]file:///D:/BAB%202%20-%2008601244236.pdf
[12]http://pabloal.com/?act=forex&Loc=Pabloal.Com/wp-content/uploads/Promes-Matematika-SMP-MTS-KELAS-VIII-SilabusRPP.doc&Cap=Program%20Semester%20Matematika%20Kelas%208%20SMP%20/%20MTs#Download

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemberhentian yang Berujung Haru