Program Tahunan dan Program Semester
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
DAN PROGRAM SEMESTER
(PROSEM)
![]() |
Disusun oleh
Kelompok II
1.
Fenti Dwi Tesa Januaria (1532210119)
2. Nurul Istiqomarie (1532210126)
3.
Saefudin (1532210103)
4.
Shella Mars Putri (1532210105)
5.
Wenci Lestarina (1532210109)
6.
Yustika Destriyenti (1532210114)
Dosen pengampu mata kuliah
Liana Septy, M.Pd
Program
Studi Pendidikan Matematika
Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas
Islam Negeri Raden Fatah Palembang
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim. Puji dan syukur penulis panjatkan pada Allah
Swt. karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya dalam penyelesaian makalah
ini. Shalawat teriring salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad saw yang
telah membawa rahmat untuk umatnya dan semesta alam.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada ibu Liana Septy, M.Pd. selaku dosen pengampu
mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika karena telah memberikan kami
kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang program tahunan (PROTA) dan
program semester (PROSEM), karena hakikatnya kami akan menjadi seorang
pendidik. Dan tak lupa juga untuk semua pihak yang telah membantu dalam proses
penyelesaian makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca
sebagai bahan tambahan belajar tentang program tahunan dan program semester.
Penulis sadar bahwa penulisan makalah ini belum sempurna dengan sifat ilmu yang
selalu berkembang. Kritik dan saran yang selalu pemakalah terima dengan tangan
terbuka.
Palembang, 3 Mei 2017
Pemakalah
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembelajaran
adalah perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas
belajar. Pembelajaran sebagai suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur
lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi
proses belajar (S.Nasution, (1994: 25). Kegiatan pengajaran merupakan suatu
kegiatan yang disadari dan direncanakan. Pembelajaran merupakan suatu sistem
yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu dengan yang
lainnya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Pembelajaran
yang baik akan tercapai apabila disertai dengan perencanaan pengajaran sebagai
acuan dalam mengajar. Perencanaan Pembelajaran mempunyai peranan penting dalam
memandu guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Oleh karena itu, seorang
guru harus memiliki rencana pembelajaran karena perencanaan tersebut adalah
fungsi pedagogi yang penting untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran
dan mungkin sekali untuk memotivasi guru (Wawan S. Suherman, 2001:113).
Perencanaan pembelajaran dibuat dengan mengacu pada kurikulum.
Dalam
konteks pembelajaran, perencanaan dapat diartikan sebagai proses penyusunan
materi pelajaran, penggunaaan media pengajaran, penggunakaan pendekatan dan
metode pengajaran dan penilaian dalam suatu lokasi waktu yang akan dilaksanakan
pada masa tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Abdul Majid,
2005: 17).
Perencanaan
pembelajaran dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran
diantaranya kompetensi dasar, materi standar, indikator sekaligus metode yang
digunakan dalam proses mengajar. Perencanaan pengajaran digunakan oleh guru
sebagai petunjuk dan arah kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Perencanaan pengajaran mempunyai manfaat baik bagi guru maupun murid. Bagi guru
perencanaan pengajaran merupakan suatu pedoman kerja untuk melaksanakan
tugasnya sebagi pendidik dan untuk murid perencanaan pengajaran merupakan
pedoman belajar yang bisa digunakan sebagai pemandu siswa dalam belajar (E.
Mulyasa, 2006: 213).
Membuat
perencanaan pembelajaran mensyaratkan seorang guru harus mempelajari kurikulum
sekolah dan memahami semua program pendidikan yang sedang dilaksanakan.
Selanjutnya dituangkan dalam program tahunan dan program semester dan silabus,
untuk dapat dilaksanakan dalam PBM, maka dibuat dalam bentuk RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran). Persiapan tersebut berisi tujuan mengajar, pokok
yang diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga, dan teknik
observasi yang akan digunakan. Kekuatan dan kelemahan dari program pengajaran
yang telah disusun guru akan terlihat jelas setelah program tersebut
dilaksanakan. Langkah selanjutnya adalah guru harus mampu mengembangkan
kekuatan program mengajar dan mengevaluasi kelemahan kemudian mencari jalan
keluarnya (Abdul Majid, 2005: 98).
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian,
tujuan, sumber-sumber, langkah-langkah, contoh format program tahunan?
2. Apa
pengertian, fungsi, sumber, unsur-unsur, langkah-langkah, dan contoh format
program semester?
3. Apa
contoh program tahunan dan program semester di SMP?
C. Tujuan Makalah
1. Memahami
pengertian, tujuan, sumber-sumber, langkah-langkah, contoh format program
tahunan;
2. Memahami
pengertian, fungsi, sumber, unsur-unsur, langkah-langkah, dan contoh format
program semester;
3. Memahami
contoh program tahunan dan program semester di SMP.
D. Manfaat Makalah
1)
Manfaat Teoretis
Secara teoretis, makalah ini diharapkan
dapat bermanfaat sebagai wawasan dan pengetahuan yang baru bagi pembaca. Dengan
demikian, pembaca mengetahui program tahunan (prota) dan program semester
(prosem).
2)
Manfaat Praktis
1)
Penulis
Penulisan makalah
ini memberikan manfaat bagi penulis karena tidak hanya informasi pembelajaran
wawasan baru yang didapatkan, tetapi juga penulis belajar untuk memperdalam
pengetahuan tentang program tahunan (prota) dan program semester (prosem).
2)
Lembaga Pendidikan
Dengan adanya makalah ini, diharapkan lembaga pendidikan terkhusus
perguruan tinggi agar dapat mengoptimalkan pembelajaran yang berkaitan dengan program
tahunan (prota) dan program semester (prosem). Mengingat bahwa kami merupakan
calon guru yang juga harus memahami tentang program tahunan (prota) dan program
semester (prosem).
BAB II
PEMBAHASAN
A. Program Tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran
1. Pengertian Program Tahunan
Program
merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan
yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang
sama.Biasanya suatu program mencakup seluruh kegiatan yang berada di bawah unit
administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi,
yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.[1]
Program sering dikaitkan dengan
perencanaan, persiapan, dan desain atau rancanagan.Desain berasal dari bahasa
Inggris yaitu dari kata decine. Jadi desain dalam perspektif pembelajaran
adalah rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran disebut juga dengan program
pembelajaran. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran yang
dibuat setiap awal tahun ajaran. Program tahunan merupakan pedoman untuk
mengembangkan program semester, mingguan dan program harian.
Program
tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester,
program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok
bahasan, yang dalam KBK dikenal modul.[2]
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun
ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang..telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi
dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.[3]Dalam
program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang
harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan
program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia
untuk setiap kompetensi dasar.[4]
2. Tujuan Pembuatan Program tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran
Tujuan
penyusunan program tahunan adalah untuk menata materi secara logis, sistematis
dan hierarkis; mendistribusikan alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan;
mendorong proses pembelajaran menjadi efektif dan efesien berdasarkan tik yang
telah ditetapkan; memudahkan guru untuk mengetahui target kurikulum per pokok
bahasan atau per bulan[5].
3. Sumber-Sumber yang Digunakan sebagai Pengembangan Program Tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran
Sumber-sumber
yang digunakan sebagai pengembangan program tahunan:[6]
a. Daftar
kompetensi standar sebagai consensus nasional, yang dikembangkan dalam SKKD
setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan.
b. Skope dan
sekuensi setiap kompetensi. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan
materi pembelajaran yang kemudian disusun dalam pokok-pokok bahasan dan sub
pokok bahasan yang mengandung ide-ide pokok sesuai dengan kompetensi dan tujuan
pembelajaran.
c. Kalender
pendidikan. Penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu
pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.
4. Langkah-Langkah Pengembangan Program Tahunan (PROTA) dalam Pembelajaran
Dalam
mengembangkan program tahunan, ada beberapa langkah yang harus diingat:[7]
a. Menelaah
kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan
tingkat satuan pendidikan.
b. Menandai
hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu
pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi jeda tengah
semester, Jeda antar semester, Libur akhir tahun pelajaran, Hari libur
keagaman, Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, Hari libur khusus.
c. Menghitung
jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan
dalam format matrik yang tersedia.
d. Medistribusikan
olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan
topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri,
tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu
untuk ulangan serta review materi.
5. Contoh Format Program Tahunan (PROTA) dalam Perangkat Pembelajaran
Contoh format program tahunan dalam
perangkat pembelajaran
![]() |
(Dikutip dari,
Wawan S. Suherman: 2001)
6. Contoh Program Tahunan SMP Sederajat Kelas VII Kurikulum 2006 (KTSP)
PROGRAM
TAHUNAN
Sekolah : MTs. ........................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 2008 / 2009
Target Nilai Portah : 55
Sem
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1
|
BILANGAN
1. Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Ø Bilangan
Bulat dan Bilangan Pecah
|
|
|
1.2
Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han
masalah.
|
Ø Bilangan
Bulat dan Bilangan Pecah
|
|
|
||
ALJABAR 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
|
Ø Bentuk
aljabar
|
|
|
|
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
|
Ø Bentuk
aljabar
|
|
|
||
2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.
|
Ø Persamaan
linear satu variabel
|
|
|
||
2.4. Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Ø Pertidaksama
an linear satu variabel
|
|
|
||
ALJABAR 3.
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu
variabel,
|
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
Ø Persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
|
|
3.2
Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan
linear satu variabel
|
Ø Persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
|
||
3.3
Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang
sederhana
|
Ø Perbandingan
dan aritmetika sosial
|
|
|
||
3.4 Mengguna
kan perbandingan untuk pemecahan masalah
|
Ø Perbandingan
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 1
|
|
|
|||
2
|
ALJABAR
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1
Memahami
pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
|
Ø Himpunan
|
|
|
4.2 Memahami konsep himpun an bagian
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.3
Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada
himpunan
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.4 Menyaji
kan himpunan dengan diagram Venn
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.5
Menggu
nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
|
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar
dan jenis sudut
|
Ø Garis
dan Sudut
|
|
|
|
5.2 Mema hami
sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis
sejajar berpotongan dengan garis lain
|
Ø Garis
dan sudut
|
|
|
||
5.3 Melukis sudut
|
Ø Garis
dan sudut
|
|
|
||
5.4 Membagi sudut
|
Ø Garis
dan sudut
|
|
|
||
GEOMETRI
6.
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1
Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
Ø Segiempat
dan segitiga
|
|
|
|
6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang,
persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
|
Ø Segiempat
dan segitiga
|
|
|
||
6.3 Menghi tung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Ø Segiempat
dan segitiga
|
|
|
||
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
|
Ø Segitiga
|
|
|
||
Ulangan
Harian
|
|
|
|||
Ulangan
Mid Semester
|
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 2
|
|
|
Mengetahui .....................................
Kepala MTs.
...................... Guru
Mata Pelajaran
.............................................. .....................................
Sumber: http://www.mgmpipslampungtimur.com/2015/09/prota-dan-prosem-smp-kelas-vii-dan.html diakses pada hari minggu, pukul 09:27 WIB.
B. Program Semester (Prosem) dalam Perangkat Pembelajaran
1. Pengertian Program Semester
Semester
adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan.
Sedangkan program semester adalah program yang
berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai
dalam semester tersebut.[8]
Adapun pendapat lain tentang pengertian program semester bahwa program semester adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk
satu semester yang kegiatannya didasarkan pada
materi yang tertuang dalam SKKD.[9]
Selanjutnya, program
semester merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program tersebut tidak
bisa disusun sebelum tersusun program tahunan.[10]
Dengan
demikian, program semester adalah program kegiatan belajar yang direncanakan untuk
dilaksanakan guna mencapai tujuan yang diharapkan dalam semester tersebut.
2. Fungsi Program Semester
Menurut Usman (200: 54) penyusunan program semester berfungsi sebagai:
a)
Acuan menyusun satuan
pelajaran;
b)
Acuan kalender kegiatan belajar mengajar;
c)
Mencapai efisiensi dan
efektivitas penggunaan waktu belajar yang tersedia.
3. Sumber yang digunakan dalam penyusunan Program Semester
Menurut Suherman (2001:120) menyatakan bahwa
referensi yang digunakan dalam penyusunan program semester ialah:
a)
Kalender pendidikan;
b)
GPP mata pelajaran;
c)
Hasil analisi mata
pelajaran;
d) Format program semester.
4. Unsur-Unsur dalam Program Semester
Unsur-unsur yang biasanya terkandung di dalam program semester meliputi
(SyaifulSagala, 2003: 165):
a)
Tujuan. Tujuan
yang dicantumkan dalam program
semester adalah tujuan-tujuan
yang masih
bersifat umum yang diambil dari SKKD yaitu tujuan
kurikuler dan
tujuan instruksional.
b)
Pokok bahasan. Pokok bahasan merupakan judul materi yang akan dipelajari atau
diajarkan dalam
satu catur
wulan yang bersangkutan. Perencanaan pembelajaran menyusun pokok bahasan dan sub pokok bahasan dalam satu semester, dengan memperhitungkan bahwa
pokok bahasan
tersebut dapat
diselesaikan dalam
satu semester dengan pemenuhan kualitas yang disyaratkan.
c)
Metode mengajar. Metode mengajar adalah
cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi
pelajaran. Dalam program semester hendaknya dicantumkan metode-metode mengajar yang direncanakan akan digunakan dalam
mengajarkan setiap
pokok bahasan yang bersangkutan. Penentuan metode mengajar ditentukan juga oleh
tujuan yang dirumuskan oleh guru.
d)
Media sumber.
Setiap
pokok bahasan
dicantumkan pula media dan buku sumber yang digunakan. Pencantuman buku sumber
meliputi nama
penulis, namabuku, tahun dan penerbit serta bagian atau
bab yang diacu dalam pengajaran pokok bahasan yang bersangkutan. Media akan mempermudah siswa
dalam memahami, mengalami dan
mengerti pelajaran yang disampaikan oleh guru.
e)
Evaluasi pengajaran. Dalam program semester hendaknya dicantumkan kegiatan-kegiatan evaluasi yang dilaksanakan di luar masing-masing pokok
bahasan, seperti
evaluasi/ tessumatif. Evaluasi digunakan untuk
mengetahui tingkat
pencapaian tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan. Evaluasi digunakan juga
untuk memperbaiki bahan ataupun juga
metode pengajaran.
f)
Waktu. Untuk setiap pokok
bahasan dan
kegiatan evaluasi dalam semester yang bersangkutan, perlu dicantumkan jumlah
waktu yang dialokasikan, sehingga dapat
diketahui sejak
awal apakah program semester yang dibuat tersebut dapat diselesaikan tepat
pada waktunya.
5. Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester
Menurut
Suherman (2011:122) langkah-langkah dalam penyusunan program semester adalah sebagai berikut :
a)
Menghitung jumlah minggu
atau hari
efektif dalam
satu semester yang ada dalam kalender pendidikan.
b)
Menghitung jumlah jam pelajaran efektif untuk
tatap muka
dan non
tatap muka.
Dihitung dengan
jumlah minggu
efektif dikalikan dengan jam
pertemuan.
c)
Mendistribusikan alokasi waktu
berdasarkan pokok
bahasan dalam
GBPP, jumlah jam efektif tatap muka
dan kegiatan pada jam efektif non tatap muka.
d)
Merumuskan
program alokasi waktu per
semester.
6. Contoh Format Program Semester
(Dikutip dari, E. Mulyasa: 2006)
7. Contoh Program Semester kelas VIII SMP Pelajaran Matematika
Mengetahui ........................,
20.....
Kepala
Sekolah SMP/MTs Guru Kelas/Guru
MP
............................................ .....................................
NIP. NIP.
NIP. NIP.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Program tahunan adalah
rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan
(standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang..telah ditetapkan.
Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam
kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
Program
semester adalah perencanaan untuk kurun waktu satu semester yang berisi SK/KD
dan alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran pada setiap minggunya. Program
semester adalah program kegiatan belajar yang direncanakan untuk dilaksanakan guna
mencapai tujuan yang diharapkan dalam semester tersebut.
Menjadi guru yang mampu berperan sebagai
produsen bukan merupakan hal yang mudah. Tugas-tugas merencanakan administrasi
pembelajaran, di antaranya menyusun program tahunan dan program semester perlu
dilakukan dalam rangka mendesain bingkai pembelajaran efektif.
B. Saran
Dalam pembuatan atau penyusunan prota dan prosem,
seorang guru harus lebih teliti karena dari salah satu penyusunan prota yang
dimana merupakan pedoman yang dapa dijadikan sebagai penjabaran semester dan
dari prosem juga nantinya seorang guru dapat menyusun silabus dan RPP untuk
memperlancar kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kepada peserta didiknya
agar sesuai dengan apa yang ingin dicapai.
DAFTAR PUSTAKA
Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2009. Manajemen Pendidikan, Jakarta:
Kencana.
Ahmad
sodiqiy dan Djunaidatul Munawwarah. 2011. Modul Pengembangan
Perangkat Pembelajaran
PAI,
Samarinda:T.tp.
file:///D:/BAB%202%20-%2008601244236.pdf
https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.uny.ac.id/7738/3/BAB
http://www.mgmpipslampungtimur.com/2015/09/prota-dan-prosem-smp-kelas-vii-dan.html
http://pabloal.com/?act=forex&Loc=Pabloal.Com/wp-content/uploads/Promes-Matematika-SMP-MTS-KELAS-VIII-SilabusRPP.doc&Cap=Program%20Semester%20Matematika%20Kelas%208%20SMP%20/%20MTs#Download
http://pabloal.com/?act=forex&Loc=Pabloal.Com/wp-content/uploads/Promes-Matematika-SMP-MTS-KELAS-VIII-SilabusRPP.doc&Cap=Program%20Semester%20Matematika%20Kelas%208%20SMP%20/%20MTs#Download
[1] Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, 2009, Manajemen
Pendidikan, Jakarta:
...Kencana, h. 349
[2] Mulyasa, Op.Cit.,
h. 95
[3] Wina Sanjaya,Loc.Cit.,
[5] Wawan S. Suherman, 2001,
Hlm.120
[6] E. Mulyasa, 2006, Hlm.95
[7] Ahmad
sodiqiy dan Djunaidatul Munawwarah, 2011, Modul Pengembangan
Perangkat
Pembelajaran PAI,
Samarinda:T.tp, h.. 22
[8]https://wajahdara.wordpress.com/2010/12/20/pengertian-prosem-dan-prota/
( diaksespadatanggal 2 Mei 2017 pkl 16.16)
[9]file:///D:/BAB%202%20-%2008601244236.pdf
[11]file:///D:/BAB%202%20-%2008601244236.pdf
[12]http://pabloal.com/?act=forex&Loc=Pabloal.Com/wp-content/uploads/Promes-Matematika-SMP-MTS-KELAS-VIII-SilabusRPP.doc&Cap=Program%20Semester%20Matematika%20Kelas%208%20SMP%20/%20MTs#Download
Komentar
Posting Komentar